Monday, April 2, 2012

Herpes

Dokter saya ingin bertanya tentang penyakit herpes. Apa penyebabnya? Bisakah bekas luka 'bakar' akibat herpes sembuh? Menularkah penyakit ini? Apakah penyakit ini kambuhan? Apakah ada herpes yang lain selain herpes genital? bagaimana caranya agar penyakit ini tidak muncul lagi?

Jawab :

Penyakit Herpes adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Ada dua jenis penyakit herpes karena virus penyebabnya juga berbeda, yaitu :
  1. Herpes Zoster ( cacar ular ). Penyebabnya virus cacar air ( Varicella Zoster). Orang yang kena penyakit ini biasanya sudah pernah kena cacar air. Sewaktu penyakit cacar airnya sembuh, ada virus bandel yang masih hidup dan bersembunyi di simpul saraf dalam tubuh (bisa puluhan tahun). Kalau daya tahan tubuh kita turun, misalnya karena terlalu lelah dan stres, maka virus yang bersembunyi tadi keluar menyerang saraf-saraf kulit. Terjadilah penyakit herpes zoster. Gejalanya, penyakit ini selalu menyerang separuh saja dari tubuh. Tidak menyebar. Bentuknya berupa gelembung-gelembung berisi air yang menggerombol. Rasanya nyeri sekali. Pada orang tua berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya cepat diobati dokter. Bila tidak, bisa menyebabkan nyeri menetap setelah herpes ( neuralgia pasca herpes), yaitu kulitnya sudah normal tapi tetap terasa nyeri sampai bertahun-tahun. Herpes zoster ini hampir tidak pernah kambuh lagi.
  2. Herpes Simpleks. Penyebabnya adalah virus herpes simpleks I (daerah kepala) dan virus herpes simpleks II (kelamin).
  • Herpes Simpleks I, terjadi kalau ketularan orang yang sedang menderita penyakit tersebut. Umumnya mengenai mata dengan gejala seperti sakit mata biasa, merah tapi sakit sekali. Atau bibir, berupa gelembung-gelembung kecil berisi air atau luka-luka kecil. Rasanya sangat nyeri.
  • Herpes Simpleks II, disebut sebagai herpes genital (kelamin), ditularkan melalui hubungan kelamin dengan orang yang menderita penyakit ini. Gejalanya berupa luka-luka kecil yang sangat nyeri di daerah kelamin. Bisa menyebabkan cacat pada bayi kalau diderita pada saat hamil. Herpes Simpleks ini kambuh-kambuhan, karena virusnya gemar main petak umpet. Sering tidak bisa dimatikan oleh obat bila terlanjur sembunyi ke dalam sel. Virus menjadi aktif dan keluar dari tempat persembunyiannya kalau daya tahan tubuh menurun.
Alhamdulilah, obat untuk virus herpes, baik zoster maupun simpleks sudah ada walaupun harganya masih cukup mahal meski yang generik sekalipun. Kuncinya adalah berobatlah sesegera mungkin begitu penyakit herpes kambuh yaitu sebelum 36 jam. Pada awal penyakit, hampir semua virus berada dalam darah dan belum bersembunyi, sehingga bisa dibasmi oleh obat.

Kalau sudah terlanjur menderita penyakit ini, terutama herpes simpleks, cara mencegah kambuh adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. caranya konsumsi makanan bergizi, olah raga, cukup beristirahat fisik dan mental. Jangan lupa, hindari stres dengan bertawakal kepada Allah SWT.

Sumber : majalah Ummi no. 5/XV September-oktober 2003/1424H


 

No comments:

Post a Comment