peluang usaha

Tuesday, April 3, 2012

Masalah Vagina ( bintik putih dalam vagina)

Dokter, saya mempunyai seorang teman yang punya masalah bibir vaginanya tidak sama. Normalkah keadaan itu? Apakah bintik-bintik putih (seperti garam) yang terdapat dalam vagina harus dibersihkan?

Jawab :

Ukuran bibir vagina yang tidak sama kiri dan kanan, normal saja. Seperti juga Allah berikan hidung ada yang mancung ada yang pesek, atau payudara tidak sama besar atau alis mata lebih tebal sebelah. Yang penting tidak sampai mengganggu fungsi. Kalau ukuran yang besar sebelah jadi mengganggu, seperti sakit bila duduk, atau yang lainnya sebaiknya segera periksa ke dokter kulit dan kelamin terdekat.

Bintik-bintik putih di lipatan antara bibir luar dan bibir dalam vagina adalah kotoran dan bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman, jamur atau virus. Sebaiknya segera dibersihkan. Caranya, cuci dengan sabun lunak seperti sabun bayi atau sabun khusus pembersih vagina yang pHnya3,5 (banyak dijual di pasaran). Kemudian bilas dengan air sampai bersih betul. Jangan sampai ada sabun yang tertinggal karena dapat menimbulkan iritasi atau alergi. Membasuh dengan sabun sebaiknya secara lembut. Jangan digosok keras-keras. Arahnya dari depan ke belakang supaya kuman di daerah anus tidak masuk ke vagina.

Sumber : Majalah Ummi no.5/XV September - Oktober 2003/1424

1 comment:

  1. Selimut jok motor, adem, untuk turing maupun daerah macet. Anti air, panas dan tahan lama. Rp. 95.000,- http://cooltech-distributor.blogspot.com

    ReplyDelete