peluang usaha

Sunday, February 19, 2012

Terkena hernia

Dokter, saya gadis 19 th. Saya sangat bingung sekali sebab bibir vagina saya besar sebelah. Menurut dokter yang memeriksa saya katanya saya kena hernia. Apa penyebab penyakit itu? Apakah saya bisa normal kembali? Apa efek samping penyakit itu?

Jawab:

Hernia memang bisa diderita oleh laki-laki maupun perempuan. Hernia terjadi karena ada lubang pada jaringan ikat daerah sela paha ( tentu di dalam ) yang menghubungkan rongga perut dengan daerah kelamin. Karena ada lubang, maka sewaktu-waktu usus bisa turun dari rongga perut, kalau perempuan menuju bibir kemaluan, sedangkan laki-laki umumnya ke kantong zakar.

Gejalanya bibir kemaluan atau kantong zakar akan membesar kalau banyak berdiri, beraktivitas atau mengejan, karena tekanan  pada rongga perut meningkat sehingga usus terdesak keluar melewati lubang tadi. Kalau penderita tiduran, biasanya usus  yang turun tersebut akan masuk kembali ke rongga perut, maka benjolan di daerah kelamin akan hilang, kempes atau normal seperti semula. Jadi benjolan atau besar sebelahnya hilang timbul tidak terus menerus.

Yang berbahaya jika usus yang turun terjepit dan tidak bisa kembali lagi ke rongga perut, merupakan keadaan darurat akut yang bisa membahayakan jiwa, harus dilakukan operasi secepatnya. Kalau memang benar hernia, dokter umumnya menganjurkan operasi penutupan lubang yang merupakan operasi sedang sekitar 15 - 30 menit dengan bius umum. Umumnya hasilnya memuaskan dan tidak membesar lagi. Apakah gejala benjolan nanda hilang timbul seperti yang dipaparkan? Sebaiknya nanda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum pencernaan pada rumah sakit umum terdekat.

Sumber : Majalah Ummi no.4/ XVI Agustus- September 2004

No comments:

Post a Comment