peluang usaha

Thursday, February 23, 2012

Varises pada Miss V

Dokter, bagaimana mengatasi atau menghilangkan varises vagina? Apakah ada obat-obat yang harus dikonsumsi?

Jawab :
Varises merupakan pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) karena adanya tekanan yang terjadi terus menerus. Ini bisa diibaratkan seperti balon yang diisi cairan lalu diberi tekanan. Tentu balon tersebut akan menggelembung. Bila balon ini terus menerus diberi tekanan, lama-lama ia bisa pecah. Bila balon ini tekanannya dikurangi, maka ia tidak bisa balik pada keadaan semula.

Begitu pula dengan varises. Varises terjadi karena tekanan pada pembuluh darah vena. Kondisi ini dapat menyebabkan katup pembuluh darah rusak. Gejala yang biasanya dirasakan penderita adalah pegal-pegal pada daerah yang terkena tekanan.

Mengenai varises pada miss V atau vagina, biasanya terjadi karena kehamilan atau terdapat tumor. Bila itu dialami ibu yang sedang hamil, maka pengobatannya sebaiknya dilakukan oleh bidan atau dokter spesialis kandungan. Nanti mereka akan memberi suntikan pada pembuluh darah yang terkena varises. Suntikan itu dimaksudkan untuk mematikan pembuluh darah yang bermasalah tersebut. Selanjutnya tubuh secara alami akan membentuk pembuluh darah baru.

Selama proses pembentukan pembuluh darah baru, pasien perlu melakukan tindakan khusus. Misalnya, bila varises terjadi pada kaki, maka kaki akan diikat. Bila varises terjadi pada vagina, biasanya pasien akan diminta untuk memakai celana yang agak ketat.

Sumber :  majalah Ummi No.6/XXII/ Oktober 2010/1431

No comments:

Post a Comment