peluang usaha

Tuesday, April 17, 2012

Gatal di Selangkangan

Dokter, sejak 4 tahun lalu saya terkena penyakit kulit pada selangkangan. Awalnya saya merasa gatal sekali dan saya garuk. Apabila digaruk terlalu keras akan lecet dan terasa perih dan saya jadi sulit berjalan. Gatal juga menjalar sampai bagian vagina dan dubur. bekas gatal itu pun menghitam. Pertanyaan saya :
  1. Apa nama penyakit itu dan bagaimana penyakit ini bisa muncul?
  2. Apa penyakit itu bisa menjalar ke seluruh tubuh?
  3. Apa penyakit ini bisa menular pada orang lain, karena sebagian kakak saya terkena sakit yang sama?
  4. Bagaimana cara menyembuhkannya? saya malu berobat ke dokter
  5. Apakah bagian yanghitam itu bisa putih kembali seperti semula?
  6. Kenapa penyakit ini tak bisa sembuh sampai bertahun-tahun padahal setiap hari saya taburi dengan bedak gatal dan caladine?
  7. Apa saja yang bisa dilakukan agar tidak terus-terusan gatal dan menjalar ke mana-mana?

Jawab :

  1. Penyakit ini adalah infeksi jamur kulit. Penyakit ini muncul karena kulit terinfeksi oleh jamur yang beasal dari bermacam-macam sumber antara lain dari bulu binatang ( kucing, anjing, ayam, burung, bebek, kelinci ) atau dari tanah. Jamur menempel, masuk ke dalam kulit (lebih mudah kalau kulit luka karena garukan), dan berkembangbiak, terutama di daerah kulit yang lembab, sering basah karena keringat dan bahan baju yang dipakai tidak menyerap keringat. 
  2. Penyakit ini bisa menjalar ke seluruh tubuh, kalau daya tahan tubuh kita lemah. Bila daya tahan tubuh kita normal, maka hanya terjadi terutama di daerah yang lembap.
  3. Penyakit ini menular, tetapi tidak ke semua orang. Orang-orang tertentu yang memang rendah daya tahan tubuhnya terhadap jamur kulit akan gampang tertular penyakit ini.
  4. Tidak usah malu pergi ke dokter, karena itu pekerjaan dokter dan merupakan rahasia di bawah sumpah. Insya Allah tidak akan diceritakan pada siapapun. Bisa ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau ke dokter umum. Dokter akan memberikan obat anti jamur kulit yang diminum dan dioleskan. Insya Allah penyakit ini bisa sembuh total karena merupakan penyakit dari luar tubuh yang bisa dimatikan.
  5.  Bagian yang hitam bisa kembali seperti semula. hanya perlu waktu agak lama (6-12 bulan), jadi perlu sabar.
  6. Penyakit ini belum pernah sembuh karena belum diobati! Bedak gatal hanya mengurangi gejala tapi tidak mematikan jamur.
  7. Agar penyakit tidak berlanjut dan kambuh :
  • Berobat ke dokter. Obat harus dipakai sesuai aturan dan jangan menghentikan pemakaian obat sendiri walaupun kelihatannya sudah sembuh. Obat jamur itu harus diminum selama 4-8 minggu terus-menerus, kalau tidak jamaur hanya 'pingsan' dan tumbuh lagi.
  • Semua pakaian penderita harus dipisahkan mencucinya. Pakaian juga harus diobati, karena dari penelitian di Universitas Indonesia, ternyata jamur ini sangat kuat dan tahan banting, dapat masuk ke sela-sela kain. Kalau masih ada spora jamur di serat pakaian kemudian dipakai oleh penderita yang sudah sembuh, bisa masuk lagi ke kulit dan kambuh lagi. Caranya : rendam pakaian dengan cairan antiseptik ( 2sdm untuk seember air) selama 2 jam, baru dicuci seperti biasa. Setelah itu dijemur di bawah panas matahari dan wajib disetrika untuk benar-benar mematikan jamurnya.
  • Jaga agar daerah lipatan sela paha dan bokong selalu kering.
  • Pilih bahan baju yang menyerap keringat yaitu katun dan kaos.
  • Makan makanan bergizi (perbanyak sayuran dan buah), olah raga teratur, istirahat yang cukup dan hindari stres emosi dan fisik supaya  daya tahan tubuh kuat.

Sumber : Majalah Ummi no.8/XVIII Desember 2006/1427H

No comments:

Post a Comment